Warning: mysqli_query(): (HY000/1): Can't create/write to file '/tmp/#sql-temptable-391bf7-d6e98-30cc3.MAI' (Errcode: 28 "No space left on device") in /home/hmpsihiunpar/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1942
May 8, 2018 – HMPSIHI

Daily Archive May 8, 2018

Mahasiswa sebagai Kaum Muda juga Demokratis

 

Negara Indonesia yang sedang dipenuhi dengan pesta politik dan demokrasi menuntut adanya keterlibatan langsung dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai lembaga yang memprakarsai pemilu di Indonesia. Tidak hanya pebisnis maupun pengusaha, namun masyarakat dari setiap kalangan diajak untuk ikut berpartisipasi dengan mengikuti pemilihan umum.

Kurangnya akses akan informasi mengenai pemilihan umum di tingkat daerah membuat timpangnya angka partisipasi di daerah-daerah terpelosok di Indonesia khususnya Jawa Barat. Lebih-lebih, menggunungnya isu-isu yang beredar dengan menggunakan unsur SARA membuat situasi semakin keruh. Besar harapan jika acara ini mampu menanggulangi permasalahan-permasalahan yang ada.

Di Provinsi Jawa Barat, tidak lama lagi akan menyelenggarakan pemilihan umum untuk memilih calon-calon gubernur, khususnya di provinsi Jawa Barat ini. Salah satu bentuk wujud nyatanya adalah dengan mengadakan sebuah program bertajuk “Rock the Vote, bekerja sama dengan CEPP-FISIP UI, untuk mengadakan sebuah acara seminar di Universitas Katolik Parahyangan, Kamis (26/4). Selain berbagi pengalaman maupun materi dari para narasumber lokal dengan asal Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Dr. Pius Sugeng Prasetyo dan Stanislaus Risadi Apresian S.IP., M.A, juga narasumber pakar yaitu Dr. Yayat Hidayat dan Dr. Abdul Aziz S R.

Melalui seminar akan nilai-nilai demokrasi maupun politik di Indonesia, serta simulasi pemilihan umum, acara ini diharapkan mampu memberikan wawasan kepada calon pemilih muda agar berpartisipasi pada pemilihan umum mendatang dimanapun.